4 Tips Mengobati Bisul Secara Alami

CaraMedia.blogspot.com - Bisul seringkali dianggap penyakit yang sepele. Akan tetapi, keberadaannya tentu membuat kebanyakan orang malu, terlebih lagi jika bisul berada di tempat yang mudah terlihat. Bisul sendiri dipicu oleh adanya bakteri stafilokokous pada akar rambut di dalam kulit yang memicu terjadinya infeksi.

Pada awalnya bisul berbentuk benjolan lunak dan merah seperti jerawat. Proses terbentuk benjolannya pun karena bakteri yang masuk pada jaringan lalu tubuh akan mengirimkan darah putih secara otomatis untuk melakukan pertahanan dan membunuh bakteri tersebut.

Sel pertahanan itu akan menghalangi benda asing agar tidak menyebar dan membentuk jaringan yang akhirnya membuat bakteri serta darah putih mengumpul jadi satu. Kemudian lama-kelamaan akan membentuk benjoloan yang di tengahnya terdapat mata bisul berisi nanah.

Nah, jika anda memiliki bisul maka anda tidak perlu khawatir karena di bawah ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi bisul dengan cara alami.

1. Bawang putih

Bawang adalah antibiotik yang baik untuk membunuh bakter. Sehingga, anda bisa menggunakan bawang putih untuk mengobati bisul tersebut. Pertama-tama, pilihlah bawang putih yang segar kemudian tumbuk sampai halus. Setelah itu, tempelkan hasil tumbukan tersebut di sekitar bisul.

2. Daun sirih

Cara kedua untuk mengatasi bisul adalah dengan daun sirih. Pilihlah daun sirih sebanyak 7 lembar dan tumbuk sampai halus. Lalu tempelkan pada bisul dan gunakan perban agar daun sirih tidak jatuh.

3. Daun cabai

Daun cabe dipercaya mampu mengatasi bisul. Nah, jika anda ingin mengatasi bisul dengan daun cabai, anda perlu memilih daun cabai yang baik dan segar. Sebelum digunakan, sebaiknya cuci terlebih dahulu daun cabai tersebut sampai bersih.

Tumbuk daun cabai sampai halus dan tambahkan beberapa sendok minyak kelepa. Sesuaikan minyak kelapa dengan jumlah daun cabai yang anda tumbuk. Setelah itu, tempelkan di permukaan bisul dan tunggu sampai mengering. Jika sudah mengering, maka anda bisa mengganti ramuan baru.

4. Daun Bayam

Daun bayam juga dianggap efektif untuk mengatasi bisul. Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan menyiapkan dua atau lebih daun bayam yang masih segar. Kemudian, cuci sampai daun bayam bersih dari kotoran. Setelah itu, tumbuk daun bayam sampai halus dan tambahkan sedikit garam. Tempelkan pada area yang mengalami bisul, tapi pastikan ramuan tersebut tidak menutupi mata bisul.

Daun bayam dan garam dipercaya dapat memberikan efek dingin pada bisul yang berasa panas dan menimbulkan rasa berdenyut. Lakukan cara ini beberapa kali sehari hingga bisul anda hilang.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi bisul secara alami. Jadi, mulai sekarang jangan pernah menyepelekan keberadaan bisul. Pasalnya, bisul akan memberikan dampak kesehatan pada anda.

Bisul yang membesar dan diabaikan akan mengganggu aktivitas sehari-hari, apalagi jika letaknya berada di bagian tubuh seperti pantat, tangan atau lainnya. Untuk itulah anda perlu mengambil tindakan untuk mengatasi bisul yang anda alami. Lakukanlah beberapa cara alami di atas untuk mengobati bisul di tubuh anda.

Related Post